4 Tips Memilih Kain Sarung yang Nyaman dan Berkualitas.jpg

4 Tips Memilih Kain Sarung yang Nyaman dan Berkualitas

oleh: rachli Fashion Style Friday, 7 January 2022 9:00 a.m.


Mancode - Bagi sebagain besar masyarakat, khususnya kaum pria, kain sarung dianggap hanya digunakan untuk aktivitas ibadah dan saat bersantai di rumah saja. Akan tetapi, seiring perkembangannya, kain sarung kini banyak memiliki motif yang beragam bahkan terbilang unik untuk dipakai sehari-hari dalan kegiatan apapun.

Dalam dunia fashion juga tidak sedikit desainer yang berani mengkreasikan kain sarung. Sejumlah gelaran fashion akbar turut menampilkan kain sarung yang dipadupadankan dengan busana modern. Tidak hanya itu, ada sejumlah selebgram tanah air yang juga mempromosikan penggunaan kain sarung untuk aktivitasnya.

Nah, bagi yang ingin mencoba berbusana dengan memadupadankan kain sarung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal apa saja itu, berikut ulasannya seperti melansir Best Present Guide.


Bahan yang Nyaman

Sebelum membeli kain sarung, pilih dahulu bahan yang terbaik untuk sarung. Banyak pilihan kain sarung yang tersedia, seperti katun, poliester, dan aneka bahan lainnya. Kain berbahan poliester sifatnya sedikit kaku dan juga panas jika dipakai terlalu lama. Namun, harga sarung bahan poliester lebih terjangkau dibandingkan bahan lainnya.

Lain halnya dengan bahan katun yang terasa sejuk di kulit dan nyaman dipakai. Bahan katun juga lembut dan tidak terlalu kaku. Ada banyak jenis katun yang bisa dipilih, akan tetapi apapun jenisnya biasanya mudah kusut. Sebaiknya pilih yang dirasa nyaman digunakan.

Motif dan Warna

Motif bisa menjadi bahan pertimbangan saat ingin membeli kain sarung. Ada beragam motif yang bisa dipilih, mulai dari motif polos, batik, garis, bunga, kotak-kotak, bahkan motif kekinian. Jika ingin tampil dengan aman, bisa memilih kain sarung motif polos, namun jika ingin tampil formal bisa menggunakan motif batik, dan jika ingin tampil beda, bisa menggunakan motif abstrak maupun kekinian.

Tidak hanya motif, warna juga bisa menjadi penentu. Warna kain sarung juga bisa mempengaruhi penampilan. Jika ingin tampil sederhana, bisa pilih warna netral seperti hitam, putih, cokelat, maroon, dan navy. Namun jika ingin tampil beda, bisa menggunakan warna lain selain warna netral.

Modelnya

Seiring dengan perkembangannya, kain sarung tidak hanya berbentuk konvensional, namun sudah ada model celana siap pakai. Untuk acara formal dan ibadah, baiknya memakai kain sarung model konvensional. Model seperti ini menunjukkan bahwa pemakai merupakan individu yang mudah bergaul dan fleksibel. Sarung konvensional juga bisa dipadukan dengan aneka atasan, seperti kaos hingga kemeja.

Sedangkan untuk suasana kasual, bisa pilih model celana sarung. Model ini cukup unik dan menarik, kekinian dan simpel. Kain sarung model celana cocok juga dipakai pada acara seperti hari raya, pernikahan, hingga pengajian. Celana sarung sesuain dengan mereka yang ingin tampil praktis tanpa ribet.

Cek Jahitan

Cek jahitan kain sarung merupakan hal yang perlu menjadi perhatian utama sebelum membelinya. Perhatikan kerapatan benang, kerapihan jahitan, dan kualitas jahitan karena merupakan penentu kekuatan dan keawetan dari sebuah kain sarung. Usahakan memilih yang tidak ada sambungan pada jahitannya. Ini menunjukkan bahwa jahitannya kuat dan membuat kain saring bisa dipakai jangka panjang.

Baca Juga: Jakarta Fashion Week 2022 Tembus 140 Juta Impression

Baca Juga: Glenfiddich Bawa Semangat Maverick dalam Fashion dan Keberlanjutan di Acara Where Next Club

Baca Juga: Sasar Kawula Muda, Ferrari Rambah Dunia Fashion




Share To


rachli

rachli

Jan. 7, 2022, 9 a.m.


tags : Tips Memilih Kain Sarung Busana Modern Kain Sarung


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE