Susi-Pudjiastuti.jpg

4 Sosok Kartini Masa Kini yang Sangat Menginspirasi

oleh: galih Life Style Wednesday, 21 April 2021 16:00 p.m.


Mancode – Setiap 21 April, bangsa Indonesia mengenang salah sosok yang sangat menginspirasi kaum perempuan. Dia adalah Raden Adjeng Kartini. Selama hidupnya, salah satu pahlawan nasional Indonesia ini dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita dengan memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

Meski RA Kartini telah tiada, semangat perjuangan beliau untuk membela kaum perempuan masih menginspirasi hingga saat ini. Buktinya, banyak sosok-sosok perempuan cerdas dan pemberani yang membuktikan bahwa mereka tidak kalah dengan pria. Lalu, siapa saja sosok Kartini masa kini yang cukup menginspirasi?

Susi Pudjiastuti

Susi-Pudjiastuti.jpg

Siapa yang tak kenal dengan sosok perempuan ‘nyentrik’ bernama Susi Pudjiastuti. Sepertinya, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia di periode 2014-2019.


Pengangkatan beliau sebagai menteri kala itu, sempat menuai kontroversi. Terutama soal pendidikan, beliau diketahui hanya lulusan sekolah menengah pertama (SMP). Bisa dibilang, menjadi satu-satunya menteri dengan jenjang pendidikan SMP.

Namun, hal tersebut bukan menjadi halangan beliau untuk terus berkarya. Berkat usahanya selama menjadi menteri, keadaan laut dan perikanan Indonesia semakin membaik.

Selepas menjabat menteri, Susi kembali fokus mengembangkan bisnisnya di di bidang perikanan dan juga memiliki maskapai penerbangan SUSI AIR. Kesukesan beliau ini, sangat menginspirasi banyak orang, terutama kaum perempuan di Indonesia.

Sri Mulyani

Sri Mulyani.jpg

Dari dunia pemerintahan, ada sosok Sri Mulyani. Beliau pernah menjadi Menteri Keuangan Indonesia pada 2005, saat era pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, pada 2010 beliau menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) sampai 2016.

Setelah itu, Sri Mulyani dipercaya kembali menjadi Menteri Keuangan Indonesia hingga sekarang oleh Presiden Joko Widodo. Kepintaran Sri Mulyani memang tak perlu diragukan lagu. Beliau punya pengaruh besar. Tak heran bila beliau dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-38 pada2014 dan menteri terbaik di dunia pada 2018.

Angkie Yudistia

Angkie Yudistia.jpg

Sebagian orang mungkin masih kurang familiar dengan Angkie Yudistia. Dia adalah CEO sekaligus Founder dari Thisable Enterprise yang merupakan rumah bagi penyandang disabilitas yang tertarik menjadi pengusaha.

Angkie Yudistia kehilangan pendengarannya dan divonis sebagai tuna rngu ketika masih menginjak usia 10 tahun. Meski begitu, kesulitan dalam berkomunikasi, bukan menjadi halangan untuk berkarya. Dia berhasil membangun rumah bagi penyandang disabilitas dan mengajak mereka untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Anne Avantie

Anne Avantie.jpg

Lahir dari keluarga sederhana dan memiliki anggota keluarga yang banyak, membuat Anne Avantie hidup dengan kekurangan. Sehingga beliau hanya mampu mengeyam pendidikan di tingkat SMP.

Namun, Anne tidak patah semangat dan terus menekuni bidang kesukaannya yaitu tata busana. Perjuangannya pun membuahkan hasil, Anne Avantie kini menjadi salah satu desainer kebaya yang terkenal. Kesuksesannya tersebut, tak membuat Anne menjadi gelap mata. Beliau mengajak atau memberdayakan orang-orang sekitarnya untuk ikut berkarya.

Itulah sebagian sosok Kartini masa kini yang memiliki perjalanan hidup yang menginspirasi banyak orang, terutama bagi kaum perempuan. Perjuangan mereka yang dibalut dengan kekurangan, tak menjadikannya sebagai halangan untuk berkarya dan menjadi orang yang sukses. Mereka juga membuktikan bahwa kaum perempuan juga bisa sukses seperti kaum pria.

Baca Juga: Perjuangan Sosok ‘Kartini’ di Dunia Kesehatan

Baca Juga: Sosok Ollie Salsabeela Pendiri Nulisbuku.com

Baca Juga: Cerita Pilu Waria di Usia Senja




Share To


galih

galih

April 21, 2021, 4 p.m.


tags : Kartini Hari Kartini Life Style Kartini Masa Kini


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 8 September 2021 8:00 a.m.

Vidie Yall Kisahkan Perjuangan Pekerja Kantoran dalam "9 To 5"

Travel 6 September 2021 14:00 p.m.

Pro Kontra Paspor Vaksin di Inggris

Entertainment 3 September 2021 12:00 p.m.

Eksplorasi Musik Base Jam dalam “Salah Suka”