Latihan-Lempar-Tangkap.jpg

4 Latihan Meningkatkan Gerakan Refleks

oleh: rachli Life Style Tuesday, 3 September 2019 16:00 p.m.


Tidak hanya dalam dunia olahraga, memiliki gerak refleks yang baik tentu akan menunjang performa dalam beraktivitas. Sebagai contoh, saat berkendara tentu Mancoders pernah melakukan pengereman mendadak. Hal itu dikarenakan otak mengirimkan sinyal ke kaki untuk menekan pedal atau tuas rem secara cepat guna menghindari benturan.

Gerakan tanpa sadar dan merupakan respon ini segera datang setelah adanya rangsangan. Namun, tidak semua orang memiliki gerak refleks yang sama. Ada gerak refleks cepat, dan ada pula yang memerlukan latihan untuk mendapatkan gerak refleks dengan baik.

Berikut ini Mancode mencoba merangkum beberapa teknik latihan untuk meningkatkan gerakan refleks.

Latihan Keseimbangan

Latihan ini bisa Mancoders lakukan sendiri, yang di mana hanya berdiri dengan menggunakan satu kaki. Lakukan latihan ini selama mungkin dan secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. Latihan ini bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus serta keseimbangan refleks gerak tubuh.

Peregangan Otot

Latihan peregangan otot ini dapat dilakukan dengan sit up untuk melatih otot perut. Selain itu, latihan ini bisa dilakukan dengan peregangan kedua kaki hingga dasar, di mana posisi ujung kaki sampai paha berada di lantai.

Berlari di Ragam Medan

Berlari cukup penting dalam meningkatkan refleks, terutama meningkatkan koordinasi gerakan mata, kaki, dan tubuh. Untuk melatih refleks, Mancoders bisa berlari tidak pada area jogging atau sejenisnya. Ada baiknya dilakukan di area yang memiliki ragam medan.

Latihan ini bisa dilakukan mulai dari berlari pelan hingga semakin kencang. Hal ini untuk merangsang koordinasi antara mata dan kaki untuk menghindari halangan dan rintangan. Dengan begitu akan meningkatkan kecepatan tubuh dalam merespon rintangan yang dilalui.

Lempar Tangkap Bola

Latihan ini bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan bola tenis. Berdiri menghadap tembok dengan jarak dua hingga tiga meter. Lempar bola dengan keras ke arah tembok hingga menghasilkan pantulan yang keras dan cepat pula.

Pelemparan dari berbagai sudut juga bisa dilakukan untuk mendapatkan gerakan variatif, atau bisa juga meminta bantuan untuk melemparkan bola agar sulit ditebak. Latihan ini bisa meningkatkan refleks dari gerakan mata, tangan, dan tubuh.

Baca Juga: 5 Tempat Latihan Skateboard Menarik di Jakarta

Baca Juga: Ini Makanan yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Baca Juga: Orienteering, Olahraga Mengasah Kemampuan Navigasi


Share To


rachli

rachli

Sept. 3, 2019, 4 p.m.


tags : Gerakan Tanpa Sadar Gerak Refleks Lempar Tangkap Bola Latihan Keseimbangan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Entertainment 17 September 2020 12:00 p.m.

Adiezty Fersa Rilis Single “Yang Nyata Nyata Saja”