Jam-Tangan-Kulit.jpg

4 Langkah Merawat Jam Tangan Kulit

oleh: rachli Life Style Thursday, 12 September 2019 17:00 p.m.


Tidak hanya sekadar berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam tangan kini sudah menjadi salah satu item penunjang dalam berpenampilan. Jam tangan sendiri memiliki ragam model, salah satunya model tali kulit.

Bicara soal perawatan, jam tangan kulit ini diperlukan perawatan dan pembersihan secara berkala untuk tetap menjaga keawetannya. Pasalnya, material kulit mudah sekali terkena noda dan menimbulkan bau tidak sedap.

Bagi Mancoders yang memiliki jam tangan kulit, berikut ini Mancode mencoba merangkum langkah-langkah dalam merawat jam tangan kulit dengan benar.

Simpan di Tempat yang Aman

Utamanya adalah dengan cara menyimpan di tempat yang kering dengan ruangan bersuhu. Jika menyimpan secara sembarangan dan tidak sesuai tempatnya, tentu akan mengurangi umur jam tangan.

Jauhkan pula dari bau atau polusi seperti asap rokok. Hal ini dapat menyebabkan warna kulit pudar dan berubah dari warna aslinya. Simpan pada kotak khusus agar terjaga keawetannya. Dengan begitu, strap kulit jam tangan bisa terhindar dari bau dan debu.

Hindari Terkena Air Langsung

Usahakan jam tangan kulit terhindari air langsung. Meskipun anti air dan mesin jam tidak rusak, namun itu akan mempengaruhi kondisi kulitnya. Material kulit akan mudah terkena jamur, mudah mengelupas, dan pecah-pecah jika terlalu sering kena air.

Jika terlanjur kena air, cara menghilangkannya adalah dengan segera keringkan dengan kain lembut dan kering. Hati-hati saat mengeringkan material kulit, baiknya cara mengeringkannya searah dengan serat kulit tersebut.

Namun jika mudah berkeringat, lebih baik sedikit melonggarkan pengaitnya. Jangan mengaitkan terlalu ketat, karena akan menarik permukaan kulit.

Bersihkan dengan Benar

Lakukanlah pembersihan seminggu sekali. Perhatikan apakah ada kotoran atau noda yang menempel pada material kulit. Cara membersihkannya adalah jangan gunakan kain basah atau merendamnya ke dalam air secara langsung.

Gosoklah bagian kulit secara lembut. Jika dirasa sudah bersih, basahi kain untuk membilasnya lalu keringkan dengan kain kering atau menggunakan kipas angin. Hindari menggunakan pengering rambut atau dijemur di bawah terik matahari langsung.

Jika ada kotoran atau noda, bisa menggunakan baking soda untuk lebih mudah membersihkannya. Caranya, campurkan baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk seperti krim atau pasta. Gosokkan pada bagian kulit dan diamkan sekitar 30 menit, kemudian bersihkan dengan kain lembut.

Rawat Secara Berkala

Lakukan perawatan secara berkala untuk mempertahankan keawetannya. Meskipun original, jika tidak dirawat dengan baik akan menurunkan kualitas jam tangan itu sendiri dan mudah menjadi rusak.

Jika selalu terawat dengan baik, tentu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mengganti kerusakan yang terjadi. Jam tangan kulit akan selalu terlihat bersih dan nampak seperti baru jika dirawat secara berkala.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Jenggot dengan Tepat

Baca Juga: Cara Merawat Sneakers Berbahan Suede yang Benar

Baca Juga: Kenali Model Sepatu Pantofel Sesuai Tingkat Keformalannya


Share To


rachli

rachli

Sept. 12, 2019, 5 p.m.


tags : Penunjuk Waktu Merawat Jam Tangan Kulit Berpenampilan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Entertainment 15 November 2019 14:00 p.m.

Scrimmage Game Jadi Materi Honda DBL Camp 2019

Entertainment 15 November 2019 11:00 a.m.

Sivia Azizah Rilis Single Terbaru “STORM”