Branding di Media Sosial.jpg

4 Hal Perlu Diketahui Soal Branding di Media Sosial

oleh: rachli Technology Monday, 3 February 2020 14:00 p.m.


Mancode - Di era digital saat ini, tidak sedikit orang yang baru memulai membangun bisnisnya. Hal ini disebabkan dari kemudahan yang didapat dan biaya promosi yang tidak terlalu mahal. Kehadiran media sosial membantu banyak bisnis untuk mempromosikan produknya secara lebih mudah.

Media sosial sudah menjadi salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis saat ini. Media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan awareness, menggaet audiens dengan singkat, hingga mendapat insight pasar untuk menjadi brand yang lebih baik.

Baca Juga: Blibli.com Perkuat Strategi Omnichannel Gapai Pasar Ritel

Untuk lebih jauh mengetahui tentang branding di media sosial, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui:

Pilih Media Sosial yang Tepat

Perlu diingat bahwa setiap media sosial mempunyai karakteristiknya masing-masing yang perlu dipelajari. Bukan tentang banyak media sosial yang digunakan untuk mempromosikan brand, namun tentang seberapa tepat dan efektifnya media sosial tersebut.

Misalnya, bisnis bergerak di industri makanan dan minuman yang menyasar anak-anak dan remaja sebagai target audiens, tentunya media seperti LinkedIn bukan platform yang tepat. Itulah yang disebut dengan menentukan media sosial yang cocok untuk brand.

Gunakan Konten Visual Menarik

Media sosial sangat berkaitan dengan konten visual. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam pembuatan konten visual, seperti warna, logo, dan maskot tentunya. Dalam pemilihan warna, pastikan warna yang dipilih mempresentasikan identitas dari brand, agar terlihat menarik.

Logo juga membantu brand untuk terlihat profesional, sekaligus membangun identitas yang akan menjadi pembeda dengan brand lainnya. Selain itu, penggunaan maskot juga membantu dalam menciptakan konten visual.

Baca Juga: Likee Raih Posisi Pertama The Most Breakout Apps 2019

Maskot membantu untuk membangun engagement antara konsumen dan brand. Bahkan, banyak maskot yang lebih terkenal daripada produknya itu sendiri. Namun, ada beberapa hal yang haru dipastikan dalam menciptakan maskot. Pastikan bahwa maskot tersebut mewakili karakteristik dan identitas brand, selain itu jangan lupa untuk menciptakan maskot yang eye-catching.

Gunakan Bahasa Sederhana

Ketika berbicara mengenai media sosial, maskot dapat menjadi representarif dalam berinteraksi dengan konsumen seolah-olah nyata dan dapat berkomunikasi secara langsung, serta berinteraksi layaknya manusia. Seperti menjawab pertanyaan dan menyapa pengguna. Berinteraksi dengan orang sungguhan akan membuat brand lebih terasa dekat dengan konsumen, sehingga bisa merasa lebih terlibat dengan brand.

Baca Juga: Siap Ganteng Bersama Shopee 2.2 Men Sale di Bro Code Vol.3

Tetap konsisten

Konsisten adalah hal berikutnya yang harus diingat untuk menciptakan branding yang baik. Konsistensi menjadi hal yang penting untuk membangun brand yang kuat dan konsisten di semua platform media sosial.

Di dalam media sosial, harus konsisten dengan palet yang sudah ditentukan. Gaya desain, bahasa, tagline, dan jadwal posting. Selain konsisten dalam mem-posting konten, juga harus mengeluarkan konten yang bersifat mendidik konsumen demi meningkatkan awareness serta membangun engagement di media sosial.


Share To


rachli

rachli

Feb. 3, 2020, 2 p.m.


tags : Media Sosial Sosmed era digital Branding di Media Sosial promosi produk bisnis di medsia sosial


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 27 February 2020 15:00 p.m.

SIC MYNDED Rilis Single ‘Peace Within’

Fashion Style 27 February 2020 9:00 a.m.

Adidas X James Bond Hadirkan Ultra Boost 20

Life Style 26 February 2020 15:00 p.m.

Risiko dari Seks Oral

Entertainment 26 February 2020 15:00 p.m.

Kreasi Album Baru Stars and Rabbit 'Rainbow Aisle'