Ilustrasi-kutu-rambut.jpg

4 Cara Hilangkan Kutu Rambut yang Mengganggu

oleh: rachli Life Style Friday, 3 January 2020 16:00 p.m.


Mancode - Selain ketombe, kutu rambut juga menjadi permasalahan yang dialami oleh hampir setiap orang. Kehadiran kutu pada rambut tentu sangat mengganggu aktivitas. Buruknya lagi, kutu rambut bisa berkembang biak sehingga bisa membuat kita semakin tidak nyaman.

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang terdapat di kepala manusia dan mampu menghisap darah. Kutu rambut juga bisa bertelur di kepala dan telurnya biasanya terdapat di bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

Baca Juga: Ketika Kaum Adam Juga Butuh Perawatan Wajah

Kutu rambut hanya terdapat pada manusia dan penularannya sebatas sesama manusia. Biasanya, anak usia sekolah rentan dihinggapi kutu rambut. Namun, risiko penularan juga ada bagi orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut.

Kutu rambut bisa dihilangkan dengan melakukan perawatan rutin. Merangkum dari laman Liputan6.com, berikut ini perawatannya.

Menggunakan Sisir Serit

Kutu rambut bisa dihilangkan dengan menggunakan sisir serit. Sisir ini bisa didapat di toko-toko yang menjual kosmetik. Pilihlah sisir serit yang memiliki jarak antar gigi 0,2 milimeter. Semakin sempit gigi sisir, maka semakin cepat dan efektif dalam menghilangkan kutu beserta telurnya.

Baca Juga: Tampan Maksimal dengan Perawatan Kulit untuk Pemula

Asam Cuka

Salah satu cara menghilangkan kutu rambut yang lain adalah menggunakan cuka. Sifat asam dari cuka mampu untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Namun, karena sifatnya yang sangat asam, baiknya digunakan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala. Bila perlu tambahkan sedikit air untuk mengurangi keasamannya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Penggunaannya, keramas terlebih dahulu sampai rambut bersih dan keringkan. Kemudian, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Selanjutnya, gunakan penutup kepala (shower cap), lalu diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, keramasi kembali rambut menggunakan shampoo hingga bersih.

Baca Juga: 5 Tips Agar Rambut Tidak Bau Setelah Memakai Helm

Alkohol

Alkohol dengan kadar 70 persen bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut. Hal ini dikarenakan senyawa isoprofil yang ada pada alkohol mampu membasmi kutu rambut dan telurnya. Namun perlu diperhatikan, jangan menggunakan cara ini bila kulit kepala sedang luka. Alkohol akan membuat kulit kepala yang terluka terasa perih. Untuk mencegah kepala iritasi, cukup melakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu.


Share To


rachli

rachli

Jan. 3, 2020, 4:27 p.m.


tags : asam cuka cara hilangkan kutu rambut ketombe kutu rambut minyak zaitun


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 20 February 2020 15:00 p.m.

Single Spesial Donnie Sibarani ‘Aku Untukmu’

Entertainment 20 February 2020 11:00 a.m.

Konser Hip Hop 29 Mars Suguhkan Rapper 1990-an

Entertainment 20 February 2020 8:00 a.m.

Populer Tapi Akhirnya Tewas Bunuh Diri

Entertainment 20 February 2020 7:00 a.m.

Selamat Ulang Tahun Kurt Cobain