Hari-Pangan-Sedunia.jpg

16 Oktober Diperingati Hari Pangan Sedunia, Ini Sejarahnya

oleh: rachli History Wednesday, 16 October 2019 11:00 a.m.


Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tahunnya pada 16 Oktober. Hari Pangan Sedunia ini diperingati bersamaan dengan didirikannya Organisasi Pangan dan Pertanian atau Food and Agriculture Organization (FAO) pada 1945.

Peringatan Hari Pangan Sedunia dilakukan oleh lebih dari 150 negara yang tergabung dalam FAO pada konferensi di bulan November 1979. Kala itu, Delegasi Menteri Pertanian dan Pangan Hongaria, Dr. Pal Romany mengusulkan untuk ditetapkannya Hari Pangan Internasional.

Gagasannya tersebut dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran penduduk dunia akan pentingnya penanganan masalah makanan pada tingkat regional, nasional, hingga global. Usulan tersebut kemudian diterima oleh 147 anggota FAO, termasuk Indonesia.

Hingga akhirnya, konferensi ke-20 itu menghasilkan revolusi Nomor 179 tentang World Food Day pada tanggal 16 Oktober dan berlaku sejak tahun 1981. Majelis Umum PBB meratifikasi keputusan ini pada 5 Desember 1980, dan mendesak pemerintah serta organisasi internasional untuk berkontribusi dalam meyarakan Hari Pangan Sedunia.

Baca Juga: Menilik Sejarah Diperingatinya Hari Pramuka Indonesia

Baca Juga: Melihat Sejarah Asli Stasiun Gambir

Baca Juga: Menengok 4 Lokasi Wisata Sejarah di Jakarta

FAO sendiri bertujuan untuk meningkatkan tingkat nutrisi di seluruh dunia, meningkatkan produktivitas pertanian di semua tingkatan, meningkatkan kehidupan populasi pedesaan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dunia.

FAO juga memberikan bantuan kepada negara-negara yang mengubah kebijakan pertanian mereka, dan untuk membantu daerah keluarga dari situasi kelaparan. FAO juga membantu menerapkan teknologi yang tepat serta memfasilitasi lingkungan yang netral untuk membahas masalah-masalah seputar produksi pangan.

Sejak peringatan pada 1981, Hari Pangan Sedunia selalu mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pada 2017, tema yang diangkat adalah “Change the future of migration. Invest in food security and rural development”.

Pada 2018, Hari Pangan Sedunia mengangkat tema “Our actions are our future, Ending World Hunger by 2030”, dan Pada 2019 ini, Hari Pangan Sedunia ini mengusung tema “Our action are our future, healthy diets #zerohungerworld”.

Di Indonesia, pelaksanaan Hari Pangan Sedunia akan berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara pada November 2019 mendatang. Diselenggarakannya pada November, karena menunggu kegiatan pelantikan Presiden Jokowi yang dilakukan pada Oktober 2019 ini.

Acara diselenggarakan lintas departemen dan sebagai vocal point FAO di Indonesia. Menteri Pertanian menetapkan Departemen Pertanian sebagai departemen utama (leading institution) penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia.

Di seluruh dunia, banyak acara yang berbeda diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah dalam pasokan dan distribusi makanan. Selain itu, peringatan ini juga bisa dijadikan ajang untuk mengumpulkan uang guna mendukung proyek dalam budidaya tanaman pangan dan distribusi makanan.


Share To


rachli

rachli

Oct. 16, 2019, 11 a.m.


tags : 16 Oktober Food and Agriculture Organization Hari Pangan Sedunia Organisasi Pangan dan Pertanian World Food Day


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 January 2020 8:00 a.m.

The Adams Berkolaborasi dengan Yayasan Pita Kuning

Entertainment 19 January 2020 10:00 a.m.

This Is All About You Jadi Single Baru Gail Satiawaki

Entertainment 18 January 2020 7:00 a.m.

Bleu House Ucapkan I Don’t Wanna Say Goodbye

Life Style 19 January 2020 11:00 a.m.

Keraton Agung Sejagat dan Mimpi Menjadi Raja