12 Peralatan Mendaki yang Harus Dimiliki (I).jpg

12 Peralatan Mendaki yang Harus Dimiliki (I)

oleh: aulia Shopping Tuesday, 21 May 2019 16:00 p.m.


Mendaki gunung merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Terlebih lagi, saat ini komunitas pecinta alam semakin menjamur di Indonesia. Kekayaan alam Indonesia membuat olahraga ini tak pernah mati. Walau terlihat mudah, untuk melakukan kegiatan ini kalian harus mempersiapkan banyak hal.

Bukan hanya persiapan mental dan fisik saja, Mancoders. Peralatan yang dibawa juga tak bisa disamakan ketika kalian berlibur ke kota ataupun pantai. Untuk mendaki sebuah gunung, kalian perlu mempersiapkan peralatan yang compact, multifungsi, aman, dan ringan. Untuk Mancoders yang baru memulai pendakian ataupun ingin memperbaharui alat mendaki, berikut rekomendasi peralatan mendaki yang wajib dibawa seperti yang dilansir dari mensjournal.com (14/3/2019)

  • Consina Tas Gunung Traverse 70 + 10 Liter

Untuk membawa barang yang cukup untuk perjalanan dan berisitrahat, kalian tentunya harus membawa

Baca Juga: Fungsi Kantong Kecil pada Celana Jeans

tas besar namun yang tetap nyaman dikenakan terutama saat mendaki. Pilihlah tas gunung yang cukup besar, memiliki banyak kantong, dan ringan agar bawaan tidak semakin berat. Rekomendasi tas gunung yang bisa kalian beli adalah Consina Tas Gunung Traverse 70 + 10 Liter. Tas gunung dari Consina ini terdapat rain cover sehingga tak perlu khawatir tas basah kuyup ketika kondisi hujan. Dibuat dari bahan polyster. Tas gunung ini dijual seharga Rp1,4 juta di official store Consina, pada market place Shopee.

Kemudian, ada juga tas gunung dari The North Face yaitu tipe Martin Wing 10. Tas gunung ini memiliki satu pilihan warna, yaitu biru navy. Dibuat dengan material nilon dan dilengkapi dengan 1 kompartemen utama, kantong depan 2 kantong sampung, dan kantong dalam dengan resleting. Tas dengan ukuran 22 cm x 10.5 cm x 44 cm ini dijual dengan harga Rp1,9 juta pada official store The North Face yang ada di Zalora.

  • Trekking Pole

Saat mendaki, kalian membutuhkan tongkat untuk memudahlan proses pendakian. Umumnya tongkat atau trekking pole yang dijual dipasaran terbuat dari alumuniu alloy. Misalnya, Eiger Tenacity Trekking Pole. Alat bantu mendaki ini dibuat dengan bahan EVA untuk kenyamanan karena lebih mudah menyerap keringat dan tidak licin. Selain itu, tali pegangannya bisa disesuaikan. Bukan hanya itu, tongkatnay sendiri juga bisa dilipat menjadi ukuran yang lebih minimalis sehingga bisa muat di dalam tas. Tongkat ini dijual dengan harga Rp250.000

  • Tenda

Tenda merupakan salah satu benda yang wajib kalian bawa ketika mendaki. Rekomendasi tenda yang bisa kalian bawa untuk mendaki adalah tenda dari Consina, yaitu tipe Magnum 5. Tenda ini memiliki kapasitas hingga lima orang. Jangan takut akan hujan karena tenda ini diberikan cover anti-air dan memiliki ruang teras depan sebesar 240 x 95 cm yang dilengkapi dengan jendela. Tenda ini memiliki 15 pasak dan tali pengikat sebanyak enam buah. Tenda Consina Magnum 5 ini dijual dengan harga Rp 1,1 juta.

  • Sepatu Gunung

Ketika mendaki gunung, kalian tak bisa menggunakan sepatu biasa. Agar pendakian aman, kalian harus menggunakan sepatu khusus yang digunakan untuk mendaki. Salah satu merk sepatu yang direkomendasikan adalah Jack Wolf. Merk ini terkenal di kalangan pendaki. Kalian bisa mencoba Jack Wolf All Terrain 8 Texapore Mid M. Sepatu ini dilengkapi teknologi tahan air. Walaupun begitu, kalian akan tetap merasa nyaman ketika menggunakan alas kaki ini pasalnya pori-porinya disekitar sepatu akan memastikan kaki nyaman dan tidak kepanasan. Sepatu ini biasa dijual di market place atau forum pendaki dengan harga mulai dari Rp2,7 juta.

  • Celana Kargo

Saat mendaki Mancoders juga harus menyesuaikan pakaian termasuk celana. Kalian tidak bisa menggunakan celana jeans yang kaku karena dapat menghambat pergerakan. Mancoders bisa menggunakan celana kargo panjang dari Alpina salah satu brand outdoor lokal asal Bandung. Alpina Celana Panjang PDL Cargo memiliki beberapa motif dan ukuran yang dijual seharga Rp290.000.

Itulah peratalan mendaki yang lengkap agar pendakian kalian tetap nyaman dan selamat. Selanjutnya, mancoders bisa simak di bagian kedua.


Share To


aulia

aulia

May 21, 2019, 4:24 p.m.


tags : Peralatan Mendaki Shopping Tas Gunung Sepatu Boot


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru