Tempat-Wisata-Kota-Batu.jpg

10 Tempat Wisata Seru di Kota Batu Malang

oleh: inggil Travel Monday, 21 October 2019 11:00 a.m.


Kawasan Kota Batu, Malang Raya memang menjadi salah satu tujuan tempat wisata. Pesona alam yang indah dengan sejuknya udara menjadi alasan banyak orang datang ke kota ini. Dari wisata alam, kuliner, hingga tempat bermain semua lengkap ada di sini. Tak heran jika Kota Batu selalu ramai dikunjungi orang saat musim liburan.

Menengok lebih jauh lagi, pesona keindahan Kota Batu memang sudah ada pada zaman Belanda. Konon, kota ini menjadi tempat tujuan wisata bagi kaum elit Belanda yang tinggal di Indonesia. Letak geografis pegunungan dan udara sejuknya membuat Batu menjadi tempat istirahat bagi para pejabat.

Baca Juga: Menelusuri Wisata Pantai Berpasir Hitam yang Eksotis

Sebagai informasi pada 17 Oktober 2001, Kota Batu secara resmi ditegaskan sebagai kota otonomi yang terpisah dari Kabupaten Malang. Hal ini dikarenakan adanya perubahan zaman dan perubahan struktur pemerintahan Indonesia.

Banyaknya tempat wisata di Kota Batu pasti akan membuat mancoders bingung. Tapi tenang, sebelum tersesat di tengah jalan ada baiknya kalian membaca artikel Mancode berikut ini. 10 rekomendasi tempat wisata di Kota Batu yang seru dan tak terlupakan untuk dikunjungi di antaranya:

  1. Jatim Park

Saat Mancoders berkunjung ke Kota Batu, jangan pernah lewatkan tempat wisata ini. Jatim Park menjadi salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi. Pasalnya, di tempat wisata ini menawarkan berbagai macam wahana hiburan yang juga mengedukasi bagi pengunjung.

Jatim Park sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yang mana tiap bagian tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Jatim-Park-Batu-Malang.jpg

Pada bagian pertama pengunjung akan disuguhkan berbagai macam wahana permainan yang mengasyikan. Setidaknya ada lebih 30 wahana menakjubkan yang disuguhkan di sini, seperti Volcano, Coaster, Pendulum Air, Sky Swinger, dan sebagainya.

Lanjutnya, pada Jatim Park 2 lebih menonjolkan sisi edukasi. Di sini pengunjung dapat merasakan liburan serta mempelajari hal baru dengan cara mengasyikan. Terlebih bagi anak-anak pasti akan sangat senang. Mulai dari satwa, ilmu alam, biologi, fisika, sejarah, dan masih banyak lagi.

Di Jatim Park 3 sendiri mengusung konsep taman bermain sekaligus taman edukasi mengenai hewan-hewan purbakala termasuk Dinosaurus. Ada banyak taman bermain yang bertemakan Dinosaurus di tempat ini. Mulai dari Jembatan Akar, 6D Animasi, Jurrasic Action, Ice Age, dan Replika Dinosaurus.

2. Alun-Alun Batu

Seperti halnya kota-kota lain yang mempunyai alun-alun, akan tetapi di Kota Batu mempunyai pesonannya sendiri. Di alun-alun Kota Batu berkonsep tiga hal, yakni edukasi, olahraga, dan rekreasi. Terdapat air mancur dengan patung minatur buah apel sebagai ciri khas di alun-alun ini.

Alun-alun-Batu-Malang.jpg

Tak ketinggalan pula wahana hiburan seperti, ayunan, kincir raksasa, komedi putar, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir pula saat perut sedang lapar, sebab banyak pedagang makanan yang berjualan di sekitar area alun-alun.

3. Batu Night Spectacular

Batu-Night-Spectacular.jpg

Sama halnya dengan Jatim Park sebagai taman hiburan yang mengusung konsep permainan, edukasi, olahraga, dan pusat perbelanjaan, Batu Night Spectacular mempunyai ciri khasnya sendiri. Di tempat ini terdapat arena untuk pertunjukan multimedia dengan layar sepanjang 50 meter.

4. The Onsen Hot Spring

Tak perlu jauh-jauh ke Jepang jika ingin merasakan atmosfer Negeri Sakura. Cukup berkunjung ke tempat ini The Onsen Hot Spring satu-satunya resor di Kota Batu yang memiliki nuansa bak Jepang. Berlokasi di Jl. Arumdalu, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang Raya, tempat ini dibuka untuk umum pada Desember 2017.

The-Onsen-Hot-Spring-Batu-Malang.jpg

Berlatar belakang pegunungan serta udara yang sejuk tempat ini tentu wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Batu. Ada lebih 25 cottage yang menyerupai rumah tradisional Jepang dan hampir semua desain interiornya menggunakan bahan kayu dan dibentuk seperti model panggung.

5. Inggil Museum Resto

Inggil-Museum-Resto-Malang.jpg

Salah satu tempat restoran unik di Kota Batu, Inggil Museum Resto di tempat ini Mancoders bisa menikmati kuliner khas Malang. Uniknya, di restoran ini selain menyajikan kuliner khas Jawa terdapat pula pertunjukan seni sekaligus pajangan koleksi benda antik Jawa.

6. Omah Kayu

Omah-Kayu-Batu-Malang.jpg

Dibangun pada 2014, Omah Kayu terletak di Jl. Gunung Banyak, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang Raya. Di tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Mengusung konsep tree house, Omah Kayu sejatinya tempat penginapan yang romantis dengan teras yang menghadap pemandangan Kota Batu.

7. Kawasan Wisata Coban Talun

Kawasan-Wisata-Coban-Talun.jpg

Secara geografis Kota Batu yang memang berada di ketinggian, tentu akan banyak tempat wisata alam. Salah satu wisata alam yang Mancoders wajib kunjungi ialah Kawasan Wisata Coban Talun, di tempat ini terdapat berbagai tanaman bunga yang indah dengan kesan romantis. Selain taman bunga, ada pula tempat foto yang indah dan unik, seperti rumah apache dan rumah pagupon yang istimewanya juga bisa disewakan untuk bermalam.

8. Paralayang Area

Paralayang-Area-Batu-Malang.jpg

Menikmati pemandangan Kota Batu yang begitu indah bisa kunjungi Paralyang Area. Banyak spot foto dengan latar belakang Kota Batu yang indah, entah siang ataupun malam hari tempat ini asyik untuk dikunjungi karena udaranya yang sejuk. Jika Mancoders berani menguji adrenalin bisa juga terbang dengan paragliding yang telah disediakan pengelola.

9. Air Terjun Coban Rondo

Air-Terjun-Coban-Rondo-Batu.jpg

Ingin menikmati wisata basah-basahan, Mancoders bisa kunjungi Air Terjun Coban Rondo. Terletak di Dusun Krajan, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Malang Raya. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 84 meter.

10. Taman Rekreasi Selecta

Taman-Rekreasi-Selecta-Batu.jpg

Mempunyai luas kurang lebih 20 hektar, Taman Rekreasi Selecta ini mempunyai berbagai spot menarik, yakni kolam renang, seluncur air, taman bunga, dan lain-lainnya. Uniknya di taman ini juga ada hamparan taman bunga yang sangat luas.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap


Share To


inggil

inggil

Oct. 21, 2019, 11 a.m.


tags : Jatim Park Wisata Alam Batu Malang Batu Kota Batu Jawa Timur Wisata Kota Batu


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?

Life Style 9 December 2019 17:00 p.m.

Makna Kehidupan ketika Kamu Berusia 20-an

Technology 9 December 2019 16:00 p.m.

Sebaiknya Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Technology 9 December 2019 13:00 p.m.

5 Petinggi Teknologi Ini Batasi Gadget pada Anak