iOS13-Apple.jpg

10 Fitur Unggulan Menarik iOS 13

oleh: inggil Technology Friday, 20 September 2019 14:00 p.m.


Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yakni iOS 13. Pembaruan sistem ini akan membawa sejumlah perubahan untuk pengguna iPhone. Sebagai informasi, iOS 13 hanya dapat diunduh oleh pengguna iPhone 6s ke atas. Para pengguna dapat meng-upgrade sistem ini lewat Settings>General>Software Update kemudian sistem akan otomotis memulai pembaruan.

Baca Juga: Apple Rilis iPad 10,2 Inci Bareng dengan iPhone 11

Sebelum memulai pembaruan, ada baiknya jika ponsel terhubung ke sumber daya dan terkoneksikan dengan WiFi. Opsi tersebut sesuai dengan rekomendasi dari pihak Apple sendiri agar tidak ada kendala dalam proses pembaruan, seperti baterai yang tiba-tiba habis ataupun sinyal mendadak hilang.

Apple-iOS13.jpg

iOS 13 sendiri mempunyai beberapa fitur terbaru menarik bagi pengguna iPhone yang bisa melakukan pembaruan. Setidaknya ada 10 fitur yang ditawarkan Apple bagi sistem operasi terbarunya ini.

Apa saja 10 fitur tersebut? Simak ulasan dari Mancode berikut:

  1. Dark Mode

Hal paling menarik pada iOS 13 ialah Dark Mode. 12 tahun sudah Apple mempunyai sistem operasi sendiri di perangkat iPhone, dan pada iOS 13 lah baru mempunyai sistem yang mendukung tampilan Light dan Dark.

Dark-Mode-Apple.jpg

Dark Mode dapat bekerja di semua bagian, mulai dari Lockscreen, Home Screen dan juga aplikasi bawaan serta aplikasi pihak ketiga yang sudah mendukung. Dengan menggunakan fitur ini pula pengguna dapat lebih menghemat baterai iPhone.

2. Gaming Controller

Bagi pengguna iPhone yang gemar bermainn game kini di iOS 13 telah membuka akses gaming controller untuk melengkapi suasana bermain lebih seru.

Fitur ini dapat digunakan pada perangkat gaming controller dari PS4 atau XBOX One dengan menggunakan pairing lewat Bluetooth dan pengaturan singkat. Hebatnya lagi, akses yang sama juga dapat membantu pengguna untuk menghubungkan perangkat iPad OS atau iOS 13 dengan mouse beserta akses tombol fungsi tambahan jika tersedia.

3. QuickPath Keyboard

Swipe-Keyboard-Apple.jpg

Kini, di IOS 13 Apple telah menambahkan mode QuickPath pada keyboard bawaan. Fitur ini berguna untuk membantu pengetikan dengan cara swipe dari huruf pertama ke huruf berikutnya hingga membuat sebuah kalimat.

4. 3D Maps

Maps-3d-Apple.jpg

Apple Maps pada iOS 13 mempunyai beberapa pembaruan. Salah satu yang menarik ialah, fitur peta digitalnya dalam versi 3D. Selain itu, pengguna juga bisa menandai lokasi favorit dan koleksi tempat-tempat yang kerap dikunjungi.

5. Family Hotspot Sharing

Tidak punya kuota atau koneksi internet lamban? Tenang pada iOS 13 dapat secara otomatis terhubung dengan hotspot iPhone yang kita miliki. Fitur ini pun dapat bekerja untuk perangkat Mac ataupun iPod. Menariknya, koneksi hotspot ini dapat bekerja meski perangkat dalam kondisi gelap.

6. Peningkatan Privasi

Hal yang menjadi pembeda dari Apple dan Android ialah terletak pada sistem keamanan dan privasi. Pada sistem iOS 13 terdapat beberapa peningkatan privasi yang membuat pengguna merasa lebih aman.

Apple menghadirkan fitur “Sign in With Apple” di mana pada fitur ini akan tersedia bagi pengembang untuk masuk ke aplikasi dan layanan. Pengguna dapat masuk menggunakan Face ID dan membuat akun baru untuk layanan tanpa mengungkapkan informasi pribadi apapun.

Tidak hanya itu saja, akun Apple juga secara otomatis dapat membuat alamat email baru setiap aplikasi. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah aplikasi untuk mendapatkan akses ke email pengguna. Sehingga tidak ada lagi pesan spam pada email.

7. Find My

Find-My-ios13.jpg

Find My merupakan penggabungan dari Find My Friends dan Find My iPhone menjadi satu. Dengan aplikasi Find My, pengguna dapat melacak keberadaan teman ataupun anggota keluarga yang menggunakan perangkat iPhone. Selain itu, aplikasi ini ini juga dapat secara bersamaan mencari perangkat yang hilang.

8. Safari Download Manager

Seperti yang kita ketahui Apple menggunakan peramban Safari untuk menjadi browser utamannya. Dengan melakukan sistem pembaruan ke iOS 13, pengguna dapat mengunduh beragam dokumen di dunia maya. Nantinya, unduhan tesebut dapat langsung terintegrasi ke aplikasi files.

9. Editing Foto dan Video

Apple-Editing.jpg

Gemar memotret atau mengedit foto maupun video lewat iPhone? Kini pada sistem terbarunya, Apple menghadirkan antarmuka baru untuk mengedit foto dan video. Pengguna bisa mengedit berbagai kategori, seperti highlight, shadow, contrast, saturation, white balance, sharpness, definition, vignette, dan lainnya.

10. Siri

Siri-Apple-ios13.jpg

Meskipun tidak mendapat banyak perubahan, namun ada satu yang menarik dan cukup penting bagi Siri. Nantinya Siri dapat membaca incoming message ke pengguna dan membiarkan membagikannya melalui audio di AirPods.

Baca Juga: IPhone 11 Siap Beredar di Pasaran


Share To


inggil

inggil

Sept. 20, 2019, 2 p.m.


tags : Apple Fitur iOS 13 iOS 13 iPhone


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global