Rekomendasi-Tempat-Wisat-Kebumen.jpg

10 Destinasi Wisata Kebumen yang Wajib Dikunjungi

oleh: inggil Travel Tuesday, 3 September 2019 15:00 p.m.


Berbicara soal destinasi wisata di kota-kota Jawa Tengah tentu Kebumen menjadi salah satunya. Tekenal dengan sebutan kota ‘ngapak’ Kebumen menyimpan beragam keindahan alam. Mulai dari wisata alam gua, air terjun, hingga pantai yang indah semua tersaji di kota ini. Banyaknya spot wisata di Kebumen tak lepas dari kondisi wilayahnya yang berbatasan dengan Samudera Hindia pada arah selatan. Sementara bagian utara Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara.

Baca Juga: Menelusuri Wisata Pantai Berpasir Hitam yang Eksotis

Lantas, apa saja tempat wisaya yang dimiliki oleh Kebumen? Mari kia jelajahi bersama. Simak ulasan Mancode berikut:

  1. Gua Jatijajar

Terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah dengan berjarak sekitar 45 km arah barat daya pusat kota Kebumen. Gua Jatijajar menjadi tempat wisata yang cukup populer. Gua ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 250 meter, lebar 15 meter, dan ketinggian sekitar 15 meter. Sedangkan luas area tempat ini sendiri mencapai lebih dari 5,5 hektar.

Gua-Jatijajar-Wisata-Kebumen.jpg

Sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi banyak orang, di dalam Gua Jatijajar telah dibangun jalan setapak dilengkapi dengan pagar pembatas. Sehingga para pengunjung dapat dengan aman menikmati ornament-ornamen alam di dalam gua tersebut. Gua ini juga dikelilingi oleh taman untuk istirahat para wisatawan sambil menikmati kesejukan udara dan pemandangan sekitar.

2. Gua Barat

Gua-Barat-Wisata-Kebumen.jpg

Tidak jauh dari Gua Jatijajar, terdapat salah satu gua yang menyimpan banyak keelokan stalagtit dan stalagmitnya. Adalah Gua Barat yang merupakan tempat wisata alam dengan sejuta keindahannya. Saat memasuki gua, akan terdengar suara gemuruh air terjun sebagai latarnya. Untuk menyususi Gua Barat sendiri membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam. Selama penyusuran dalam gua terdapat keelokan air terjun yang dinamai Superman’s Big Sister. Terdapat pula pemandu serta peralatan caving yang lengkap hanya dengan membayar Rp180.000 per rombongan.

3. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Ingin mencari tahu beragam jenis bebatuan di bumi ini? Maka Cagar Alam Geologi Karangsambunglah jawabannya. Selain menjadi tempat wisata, cagar alam ini juga memberi manfaat pada dunia pendidikan, khusunya fenomena geologi. Sebabnya tempat ini menjadi salah satu lokasi dengan jenis batuang terlengkap di muka bumi.

Karasambung-Wisata-kebumen.jpg

Selain mempelajari bebatuan, di tempat ini mancoders juga bisa membeli batu-batu perhiasan atau akik yang bersumber dari Sungai Luk Ulo. Batu-batu tersebut telah diolah sedemikan rupa menjadi cindera mata oleh perajin akik.

Tentu akan menjadi pengalaman menarik saat mengunjungi tempat wisata ini. Tidak hanya sekadar berwisata saja melainkan juga sebagai tempat menambah ilmu. Cagar alam ini terletak di Karangsambung KM.19, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

4. Benteng Van der Wijck

Tidak hanya wisata alam saja, Kebumen juga menyimpan tempat bersejarah yang mempunyai nilai tinggi. Benteng Van der Wijk yang masih berdiri kokoh ini, pada awalnya didirikan sebagai barak militer untuk meredam perlawanan pasukan Diponegoro.

Benteng-Vanderjik-Wisata-Kebumen.JPG

Terletak di Kecamatan Gombong, 35 km dari pusat Kota Kebumen, kini benteng ini dijadikan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Sementara pada bagian lainnya dimanfaatkan untuk obyek wisata. Terdapat pula taman bermain dan kereta mini disekeliling area benteng.

Sebagai informasi benteng ini juga pernah menjadi lokasi syuting film The Raid 2. Terdapat salah satu adegan tawuran di lapangan penjara yang letaknya di benteng ini.

5. Padegolan

Padegolan-Wisata-Kebumen.jpg

Buat mancoders yang ingin memacu adrenalin di Kebumen, ada baiknya untuk menjajal wisata arung jeram di Padegolan. Sungai Padegolan sendiri merupakan sungai limpahan air di bawah Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun. Titik start akan dimulai dari Desa Sendang Dalem dan berakhir di Bendungan Pejengkolan. Saat melakukan arung jeram, akan ditemani oleh pemandangan pepohonan di kiri-kanan sungai. Karena berasal dari waduk, air sungai ini sangat jernih sehingga perjalanan arung jeram tidak akan terasa.

6. Pantai Menganti

Salah satu tempat wisata indah di Kebumen ialah Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Bak Selandia Baru, pantai ini dikelilingi perbukitan dan tebing hijau yang sangat indah. Selain itu, pasirnya yang putih dan juga deburan ombak beserta tiupan angina membuat pantai ini cocok untuk bersantai.

Pantai-Menganti-Wisata-Kebumen.jpg

Keindahan Pantai Menganti semakin menjadi karena aksesnya yang cukup sulit. Sehingga belum banyak terjamah oleh orang. Namun, sulitnya akses tersebut akan terbayarkan oleh keindahan yang disuguhkan pantai ini. Selain itu ada pula hidangan laut hasil tangkapan nelayan setempat.

7. Pantai Karang Agung

Di sebelat barat Pantai Menganti, terdapat salah satu pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Selayaknya Tanah Lot di Pulau Dewata, Pantai Karang Agung mempunyai bebatuan karang yang berjajar. Gugusan panorama pantai ini sangat sedap untuk dipandang mata ditambahnya deburan suara ombak serta siulan angin yang dipecah karang, spot pantai ini sangatlah cocok dikunjungi untuk bersantai.

Pantai-Karang-Agung-Wisata-Kebumen.jpg

Untuk mencapai pantai ini membutuhkan waktu 20 menit berjalan dari jalan raya. Selain itu pantai ini juga dikeramatkan oleh warga setempat yang tesembunyi di balik deretan perbukitan karst Gombong Selatan. Pantai ini juga masih sepi wisatawan sehingga keindahannya masih sangat alami.

8. Pantai Karang bolong

Bosan dengan wisata pantai yang gitu-gitu aja? Maka Pantai Karangbolong ini menjadi jawabannya. Terletak di Desa Karangbolong, pantai ini cukup populer untuk dikunjungi. Sehingga selalu ramai akan pengunjung wisata. Berbeda dari pantai di Kebumen lainnya, Karangbolong mempunyai spot wisata untuk para wisatawan mencari adrenalin.

Pantai-Karang-Bolong-Wisata-Kebumen.jpg

Terdapat sebuah gua yang menjadi tempat para walet membuat sarangnya. Sarang walet tersebutlah yang menjadi penyumbang pendapatan terbesar di Kabupaten Kebumen. Dengan sebab itulah simbol kabupaten ini menggunakan walet.

Karena medannya yang sulit dan berbahaya, tidak semua wisatawan bisa memasuki gua ini dengan sembarangan. Penduduk setempat yang hendak memanen walet bahkan mendakan tradisi ngunduh sarang walet agar diberi kesempatan. Terdapat pula gua tiruan untuk melihat proses memanen walet yang bertujuan menambah pengetahuan ilmu.

9. Bukit Pentulu Indah

Bukit-Pentulu-Indah-Wisata-Kebumen.jpg

Kebumen juga menyimpan bukit-bukit indah yang wajib dikunjungi, salah satunya ialah Bukit Pentulu Indah. Di lokasi ini menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah. Cocok untuk berburu landscape di atas awan. Selain menikmati keindahan alam dan berfoto ria, lokasi ini juga mempunyai tempat berkemah dan outbond.

10. Bukit Pranji

Bukit-Pranji-Wisata-Kebumen.jpg

Terletak di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejaguan yang berbatasan dengan Desa Watulawang. Bukit Pranji menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menarik. Meski tampak biasa saja di siang hari, keindahan tempat ini baru bisa dinikmati pada malam hari. Dari atas bukit terlihat gemerlap lampu rumah-rumah penduduk dan bintang-bintang. Kecantikan nuansa malam hari ini akan berlanjut hingga pagi hari. Jadi tidak heran jika banyak orang memilih untuk bermalaman di bukit ini.

Baca Juga: Pulo Cinta, Destinasi Wisata Laut Maldives Ala Gorontalo


Share To


inggil

inggil

Sept. 3, 2019, 3:03 p.m.


tags : Wisata Travel Indonesia Kebumen


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 9 December 2019 11:00 a.m.

Frederika Alexis Cull Finalis Miss Universe 2019

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan